Mencegah Sariawan dengan Mengatur Makanan

SARIAWAN merupakan salah satu penyakit yang tidak mematikan namun sangat mengganggu. Tidak hanya mengurangi selera makan akibat rasa perih yang ditimbulkan tetapi juga membuat Anda kesulitan berbicara, mengunyah dan mengurangi kepercayaan diri. Bagaimana cara mengatasinya? Ada berbagai obat yang bisa Anda gunakan. Tapi, yang tidak kalah pentingnya adalah mengatur asupan makanan Anda. Cobalah menghindari makanan yang bisa memacu perkembangan virus herpes simplex penyebab sariawan.

Virus herpes simplex ini biasanya tetap hidup namun dalam keadaan tidak aktif di akar saraf. Virus ini menunggu sistem kekebalan tubuh menurun, misalnya akibat stres, infeksi, atau akibat siklus menstruasi dan kemudian menyerang sehingga menimbulkan sariawan.

 obat, obat sariawan, penyebab sariawan, sariawan mulut, anak sariawan, mengobati sariawan, obat sariawan tradisional, obat untuk sariawan, sariawan bayi, sariawan lidah



Cobalah mengosumsi diet dari whole food yang kaya serat dan makanan yang mengandung alkali. Ada baiknya membatasi asupan gula dan makanan olahan. Cara ini bisa membantu Anda mencegah serangan selanjutnya.

Akan lebih baik lagi jika Anda bisa membatasi asupan makanan atau minuman yang mengandung kafein. Kafein cenderung membuat Anda berisiko mengalami sariawan berulang. Di samping itu, cobalah menghindari makanan yang mengandung banyak garam. Makanan ini bisa mengiritasi sariawan dan membuatnya lebih buruk daripada sebelumnya.

Adakah makanan lain yang bisa membantu meredakan sariawan? Cobalah mengoleskan madu. Para peneliti dari United Arab Emirates menemukan, madu yang dioleskan langsung ke sariawan bekerja lebih baik dalam mempersingkat durasi dan mempercepat pemulihan sariawan dibandingkan obat salep oles yang diresepkan dokter.

Persingkat Durasi

Kemudian, apakah pertumbuhan sariawan bisa ditekan dan durasinya dipersingkat? Tentu bisa. Anda bisa menggunakan obat-obatan yang dijual di apotek atau mengonsumsi suplemen lysine sebanyak 1.500-3.000 miligram per hari. Tapi, Anda bisa juga mengatasinya dengan mengurangi stres, tidur yang cukup, tetap fit, dan tentunya makan dengan benar.

Anda bisa mengurangi frekuensi sariawan dengan mengurangi asupan makanan yang kaya arginine. Arginine merupakan asam amino yang diperlukan virus untuk tumbuh dan memperbanyak diri. Karena itu, jika Anda bisa mengurangi makanan yang kaya arginine seperti biji-bijian, cokelat, sereal, kacang-kacangan, serta bayam, maka Anda juga bisa lebih kuat dalam melawan infeksi virus herpes ini. (OL-08)


Sumber:

Ikarowina Tarigan

http://www.mediaindonesia.com/mediahidupsehat/index.php/read/2009/07/27/1440/3/Cegah-Sariawan-Dengan-Mengatur-Makanan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails