Obat Sariawan Yang Sangat Manjur

Tanya:
Ibu saya berusia 43 tahun, punya penyakit menahun (sudah lebih 10 tahun) menderita penyakit sariawan di rongga mulutnya. sering kambuhan. Belum sembuh yang lama sudah muncul baru. Bahkan bisa muncul lebih dari satu sariawan dalam mulutnya sehingga ibu saya merasa selalu kesakitan dan tidak nyaman pada saat makan.

Sudah ke dokter juga, tapi hanya disarankan banyak minum air dan makan sayuran. Sebenarnya apa penyebab sariawan? Apakah bisa sembuh total? Bagaimana cara penyembuhannya?

Terimakasih
Retno
 obat, obat sariawan, penyebab sariawan, sariawan mulut, anak sariawan, mengobati sariawan, obat sariawan tradisional, obat untuk sariawan, sariawan bayi, sariawan lidah

Jawab:

Terimakasih atas kepercayaan ibu terhadap kami. Sebelumnya kami mohon maaf jika ada kata-kata kami di email ini yang kurang berkenan di hati Anda.

Kesembuhan datangnya hanya dari Allah SWT, sebagai manusia kita hanya wajib berusaha.

Tentang penyebab dan terapi untuk sariawan yang menahun (kronis),

1. Jika akibat jamur, bisa diberi fluconazol 1 x 200 mg selama 7 hari.

2. Jika akibat radang, diberi salep kenalog, dioleskan 2 x 1 sampai sembuh.

Pada kasus tersebut, karena sudah menahun (sudah lebih 10 tahun), sering kambuhan, dan bisa muncul lebih dari satu sariawan dalam mulut, maka kemungkinan akibat jamur dan radang, atau ada komplikasi dari penyakit lainnya. Saran kami:

1. Diberi fluconazol 1 x 200 mg diminum selama 7 hari.
2. Diberi salep kenalog, dioleskan 2 x 1 sampai sembuh.
3. Sementara hindari makanan (dan minuman) yang terlalu pedas, terlalu asin, terlalu manis, terlalu panas.
4. Perbanyak mengkonsumsi jus tomat, apel, jeruk, wortel, dsb. Namun jangan terlalu manis.
5. Usahakan tetap makan dan minum, bisa sedikit-sedikit namun sering. Jangan sampai tidak makan atau minum sama sekali.
6. Iringilah usaha di atas dengan kepasrahan total kepada Allah, perbanyak doa, dan beribadah dalam artian luas (berbuat baik, membantu sesama, memberi nasihat dalam kebaikan, dsb).
7. Jika belum ada perbaikan, segeralah berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit/dalam (interna) terdekat di kota Anda.

Adapun beberapa pilihan tanaman obat yang dapat digunakan untuk mengatasi sariawan, misalnya:

* Daun Jambu Biji

Rebuslah dalam 1 liter air: 1 genggam daun jambu biji segar dan 1 jari kulit batangnya. Saringlah air hasil rebusan dan minum 2x sehari.

* Jambu Air

Kulit batang jambu air sekitar 10 gr (yang masih muda), dicuci, dan ditumbuk halus ditambah setengah gelas air matang dan disaring. hasil saringan digunakan untuk berkumur.

* Jambu Biji
Ambil jambu biji merah yg matang ditambah dengan 1 buah tomat (kalau bisa yang brwarna merah) lalu di jus. Minumlah 3 x sehari.

* Daun Sirih

Petik 1 atau 2 lembar daun sirih. Cuci daun hingga bersih, lalu kunyah sampai lembut. Biarkan daun sebentar di dalam mulut, terutama di bagian yang terkena sariawan.

* Rimpang Temu Kunci (nama lainnya: kunci)

Rimpang temu kunci dikunyah lalu ditelan. Mengunyah irisan rimpang bersama pinang selain mengobati sariawan juga dapat mengobati batuk kering.

Demikian analisis dan saran dari kami. Kebenaran itu datangnya dari Allah SWT semata dan kesalahan itu murni dari keterbatasan kami sebagai manusia biasa.

Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan kasih sayang dan rahmatNya kepada kita semua. Amin.

Waswrwb.

Dr. Dito Anurogo

Konsultan Kesehatan di www.NetSains.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails