Mengatasi Sariawan Sewaktu Mulai Haid

Bagaimana cara mengatasi penyakit sariawan ?

selamat pagi dokter, ijin bertanya dari kecil saya sering sariawan sewaktu mulai haid penyakit sariawan saya semakin parah terutama menjelang haid sampai selesai haid sariawan saya semakin banyak diberbagai tempat hampir memenuhi bibir sehingga badan saya terkadang demam, 5 bulan yang lalu saya pasang ortho(kawat gigi) jadinya sariawan yang saya alami semakin parah, solusi apa yang tempuh untuk menghindari penyakit sariawan yang parah ini, sebelumnya saya ucapkan terimakasih dokter.
 obat, obat sariawan, penyebab sariawan, sariawan mulut, anak sariawan, mengobati sariawan, obat sariawan tradisional, obat untuk sariawan, sariawan bayi, sariawan lidah

Jawab:

Dear Toriz,selamat sore juga !

Saya ikut prihatin dengan seriawan Anda.

Supaya dapat pehamanan yang lebih utuh tt hal ini, pamanAGe sampaikan info berikut.
SARIAWAN : Suatu kelainan pada selaput lendir mulut berupa bercak berwarna keputihan dengan permukaan cekung berbentuk bulat, dangkal, dan berbatas tegas karena warna kemerahan di sekitarnya. Penyebabnya sampai sekarang belum dapat dipastikan, namun diketahui adanya beberapa faktor yang berperan, seperti trauma (jejas) karena tergigit, makanan/minuman panas, alergi (cabai, nenas, tembakau), kurang vitamin C atau zat besi., kelainan pencernaan (buang air besar tak teratur), kebersihan mulut kurang terjaga, kondisi tubuh sedang menurun dan faktor stres emosional. Stres ini dan jejas merupakan faktor saling menunjang untuk terjadinya serawan berulang. Sariawan bisa bertahan sekitar 4-20 hari, dan bila dibiarkan bisa sembuh sendiri .

Sampai sekarang belum ada pengobatan yang memuaskan. Bila belum sembuh dalam 20 hari hendaknya diperiksa dengan cermat apakah ada sel kanker dalam tukak ini.

Pengobatan diutamakan untuk meredakan rasa sakit/keluhan saja sebelum diketahui penyebabnya yang pasti. Ada jenis obat berbentuk salep dengan kandungan kortikosteroid yang dioleskan pada permukaan pada luka sariawan.Obat tetes gentian violet, perak nitrat, atau obat kumur dapat membantu mengurangi rasa sakit.

Tindakan pencegahan yang memuaskan juga belum ada. Upaya yang dilakukan biasanya berupa cara-cara menghilangkan faktor-faktor penyebab yang bisa menimbulkan seriawan, seperti menjaga kesehatan umum, kebersihan dan kesehatan mulut, mengurangi jejas pada mulut pada saat sikat gigi atau menggigit, hindari pemakaian pasta gigi yang terlalu pedas/panas, makanan atau alat yang menimbulkan alergi, serta menghilangkan stres emosional.

Ada juga seriawan berupa luka simetris yang terjadi pada langit-langit keras pada bayi, biasanya disebabkan oleh adanya tekanan berlebih puting susu pada langit-langit selama menyusui, mengisap jempol atau menggigit-gigit benda keras lainnya (Bednar’s Apthae)


CARA PENANGGULANGAN SARIAWAN
Cara penanggulangan sariawan adalah dengan obat oles mulut. Bila masih belum terjadi, yaitu baru luka umpamanya kena sodok sikat gigi atau tergigit, cepat-cepat diberi obat oles mulut yang sifatnya antiseptik seperti policresulen, chlorheksidin atau povidone iodine, biasanya cepat menolong dan sariawan jadi “batal”.

Saran khusus untuk Toriz :
kalau seriawannya masih juga mem"bandel" ada baiknya konsultasi dengan seorang dokter gigi spesialis penyakit mulut (Oral Medicine) yang biasa menangani kasus-kasus seperti ini.

Semoga info ini bermanfaat, salam dokter Age (Haryanto AG – pamanAGe)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails