Saat Sariawan Menyerang Anda

Siapa yang tidak pernah mengalami penyakit yang satu ini, hampir 98% manusia di dunia ini pernah mengalami penyakit stomatitis atau yang lebih dikenal dengan sariawan. Penyakit ini memang bukan termasuk penyakit ‘berat’, namun kehadirannya sangat mengganggu aktifitas Anda.

Walaupun termasuk dalam golongan penyakit ringan dan mudah diobati, ternyata sariawan ini bisa juga dikatagorikan penyakit berat jika tidak segera diobati. Sariawan yang tergolong berat biasanya timbul bersamaan dengan penyakit-penyakit lainya, seperti alergi (Sindroma Steven’s Johnson) atau kekurangan vitamin C (scorbut).

Gejala-gejala yang timbul jika Anda atau keluarga terkena sariawan adalah terjadinya radang, nyeri (sakit kepala), demam, bengkak dan rasa panas di tempat luka. Sariawan biasanya muncul dalam bentuk luka-luka bundar berwarna putih, disertai ruam merah di sekitar luka yang meradang.
Sariawan bisanya terjadi karena kondisi mulut itu sendiri, seperti kebersihan mulut yang buruk, pemasangan gigi palsu, luka pada mulut karena makan atau minum yang terlalu panas atau sangat asam dan gusi yang tergigit sehingga terluka dan tubuh kekurangan vitamin C.

Memang kasus sariawan tidak lepas dari kekurangan vitamin yang satu ini, karena jika seseorang kekurangan vitamin ini akan mengakibatkan jaringan di dalam rongga mulut dan jaringan penghubung antara gusi dan gigi menjadi mudah robek yang akhirnya menyebabkan sariawan.

Sariawan bisa menyerang siapa saja, mulai dari bayi yang berusia 6-24 bulan sampai dengan orang dewasa. Jika Anda terserang sariawan Anda pun akan merasakan susahnya mengunyah makanan dan yang pasti akan terasa perih. Duh seram yah, orang dewasa saja merasa kesakitan apalagi jika hal itu terjadi pada anak Anda yang masih balita? Aduh kasihan ya.

Untuk mengatasi sariawan memang mudah karena banyak di pasaran yang menjual obat sariawan mulai dari salep sampai obat kumur. Biasanya sariawan akan hilang dalam jangka waktu 2-3 hari dan Anda pun bisa menikmati lezatnya makanan yang Anda makan. Tapi keadaan justru terbalik, jika sariawan timbul karena penyakit tertentu makan penanganannya pun berbeda.

Dari sekian banyak obat sariawan yang ada di pasaran, cara alami yang sangat ampuh dan murah meriah adalah dengan banyak mengkonsumsi sayur dan buah, karena banyak sekali vitamin C yang terkandung di kedua jenis makanan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails