Sariawan Penyebab dan Cara pengobatannya

Sariawan , stomatitis, oral trush, afte recurens, moniliasis oral, jamur mulut banyak istilah lagi yang merujuk pada keadaan peradangan di rongga mulut termasuk lidah. Penyebabnya apa? bagaimana pengobatan sariawan itu? lama atau cepat sembuh dak? minum adem sari berpengaruh dak? Apa pengaruh merokok terhadap sariawan? semoga jawaban saya di di bawah ini bisa menjawab walau tidak semuanya. bila anda menderita sariawan atau stomatitis semoga lekas sembuh

Dr. Fajar Rudy Qimindra

Http://fajarqimi.com atau http://konsultasikesehatan.net

Dokter umum RS Pertamina Balikpapan

 obat, obat sariawan, penyebab sariawan, sariawan mulut, anak sariawan, mengobati sariawan, obat sariawan tradisional, obat untuk sariawan, sariawan bayi, sariawan lidah

Pertanyaan :

Dok, saya menderita sariawan sudah cukup lama, lebih dari 6 bulan. Terkadang sembuh tetapi tak lama lagi muncul lagi. Saya sudah berobat , namun hasilnya menurut saya belum maksimal. Kira kira penyebabnya apa ya.Dok? Apa ada kaitannya dengan kebiasaan merokok?

Jawab :

Terima kasih atas pertanyaan Bapak.

Sariawan memang suatu penyakit yang sering dijumpai dalam sehari- hari dan sangat mengganggu.Dalam istilah kedokteran sariawan di kenal dengan ‘sariawan’, stomatitis ini merupakan proses peradangan pada rongga mulut.Ada beberapa sifat unik dari jaringan mulut, seperti banyak pembuluh darah, sering terkena trauma/ perlukaan, dan terdapat sel – sel yang daya regenerasinya cepat. Beberapa sifat inilah yang memudahkan proses penyembuhan sariawan tetapi juga rentan untuk kambuh kembali.

Beberapa penyebab yang sering antara lain:

1. Afte Rekuren/ sariawan yang kambuh

Luka pada permukaan (mukosa) mulut yang tersering adalah ulkus. Ulkus ini berupa jaringan yang menggaung dan mempunyai dasar. Sifatnya tiba – tiba muncul, nyeri, bias tunggal atau berkelompok.

Faktor pencetusnya bisa berkaitan dengan defisiensi/ kekurangan vitamin dan mineral, faktor stress, merokok atau ada suatu kelainan pada sistem pencernaan.

2. Kandidiasis oral/ moniliasis.

Sariawan jenis ini disebabkan oleh jamur. Sariawan jenis ini sering terjadi pada bayi dan usia sangat lanjut. Jamur ini bisa tumbuh di mulut karena oral hygiene/ kebersihan mulut dan gigi yang jelek, atau berkaitan dengan pengobatan antibiotika jangka panjang ataupun yang menekan imun tubuh ( imunosupressi ).

Bercak kecil, berwarna putih, dan bulat merupakan khasnya kelainan ini.

3. Stomatitis Bakteri/ Virus

Sariawan yang disebabkan bakteri/ virus jarang terjadi. Kalau terdapat gejala seperti halitosis/ bau mulut yang khas, sakit tenggorokan, dan mudah berdarah pada lukanya maka ini bisa mengarah pada kelainan yang disebabkan oleh bakteri/ virus.

4. Stomatitis Nicotina

Sariawan yang khas ini menyerang perokok berat yang biasanya menggunakan cerutu/ pipa. Daerah mulut yang terkena hanya terbatas pada daerah yang terkena uap rokok seperti daerah langit- langit mulut. Hilang timbulnya penyakit ini sangat tergantung pada frekuansi kebiasaan merokok.

Pengobatan Sariawan atau Stomatitis, Oral trush

Bila penyebab sariawan dapat diketahui maka hasil pengobatannya bisa memuaskan.

Pengobatan secara umum adalah

· Menghilangkan penyebabnya seperti anemia, avitaminosis (kekurangan vitamin dan mineral), dan infeksi berat.

· Menghindarkan penyebab seperti kebiasaan merokok, bumbu masak yang merangsang, makan makanan yang panas, dan menjaga kebersihan gigindan mulut.

Pengobatan secara lokal di mulut bisa memakai obat- obatan yang diminum atau yang dikumur sehingga mengurangi keluhannya.

Semoga keterangan ini bisa bermanfaat dan menjelaskan keadaan sakit Bapak .

Terima kasih.

Artikel ini dimuat di harian kaltim Post 29 april 2007, di rubrik Celoteh konsultasi kesehatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails